Cara Masak Terong Bule

Posted on

Baru masak terong bule… Eh, ternyata tahukah kalian? Terong bule disini warnanya juga ungu lho, dan rasanya sama dengan terong ungu kita meskipun seperti orang-orangnya, terong ungu Jerman juga besar-besar… Lebih besar dari terong kita…. Jadi rasanya sampai ke perut!

Sambel pecel terong adalah sambel wangi lezat yang praktis dan cepat pembuatannya. Tidak ribet seperti dulu waktu aku diajari emak masak terong ungu.

Inilah resep sambel pecel terong ungu praktis yang berhasil mendobrak cara bikin sambel pecel terong tradisional model dulu yang mbulet itu… Waktu pembuatan cuma 5 menit.

Bahan-bahan:

– Sebuah terong ungu muda yang besar, gemuk dan panjang. Cuci bersih dan potong melintang setebal 3cm.

– 5 sendok makan minyak olive.
– 1 cangkir santan kelapa kental dari kemasan.

– 1 sendok teh serbuk kencur wangi.

– 1/2 sendok teh serbuk paprika merah (Boleh ditambah jika suka pedas).

– Garam lembut secukupnya.

– 1 sendok teh gula merah sisir.

– 1/2 sendok teh serbuk trassi bakar.

Cara pembuatan:

Terong ungu yang sudah dipotong-potong dicelupkan kedalam minyak olive, kemudian dibakar dalam oven dengan suhu tinggi sampai kecoklatan.

Agar lebih menjiwai proses pembuatannya secara tradisional, masukkan santan kental dan semua bahan lain kedalam cobek, kemudian aduk rata menggunakan ulekannya.

Setelah terong matang, letakkan keatas adonan sambal dalam cobek, kemudian tekan-tekan sampai bumbu masuk meresap kedalam terong yang sudah lembek terbakar.

Selamat menikmati. Enak dimakan dengan nasi panas dan lauk telur dadar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *